matematika dan ilmu alamiah
dasar
pertemuan ke 3
tugas ke 3
KELOMPOK : 1
ANGGOTA :
1.
ADHI ANGGRA KUSUMA
PUTRA ( 10516128 )
2.
FATHIMAH ATIYYAH
KAUTSARI ( 12516688 )
3.
JESICA
WIDIANINGTYAS ( 13516707 )
4.
RAIHANI HAURANNISA (
16516017 )
5.
PRIMAULIA ANAMAYA ( 18516382
)
6.
SITTE SRIE LATHIFA
REKOZAR ( 17516116 )
|
UNIVERSITAS
GUNADARMA
BEKASI
2017
A. Perkembangan
seksual dan aseksual.
1. Jelaskan
apa yag dimaksud dengan perkembangan biarkan secara seksual dan aseksual ?
2. Sebutkan
contoh perkembangbiakan secara seksual dan aseksual ?
Perkembangbiakan Seksual
Perkembangbiakan seksual adalah adanya individu
baru dengan bersatunya dua sel dalam proses pembuahan. Perkembangbiakan seksual
di bagi dua yaitu:
1. Pada
tumbuhan
Penyerbukan pada
tumbuhan berlangsung dengan bantuan:
- Angin. Contoh: Padi
- Serangga. Contoh: Bunga yang bermadu
- Manusia. Contoh: Panili
2. Pada
hewan
Pembuahan pada hewan
dapat terjadi dua macam yaitu:
- Diluar tubuh (ekstern): Ovum keluar di air,
kemudian dibuahi oleh sperma. Contoh: Katak dan ikan mas.
- Di dalam tubuh (intern): Sperma untuk membuahi
ovum di dalam tubuh betina. Contoh: Kebanyakan hewan darat.
Sedangkan tanpa
pembuahan, yaitu pada peristiwa Partenogenesis, sel telur tanpa dibuahi
dapat tumbuh menjadi individu baru. Misalnya pada lebah jantan dan semut
jantan.
Perkembangbiakan Asekual
Adalah terjadinya
individu baru dari satu induk tanpa melalui proses penggabungan antara dua sel
kelamin. Biasanya organisme yang dapat berkembangbiak secara aseksual, dapat
juga berkembangbiak secara seksual. Contoh perkembangbiakan aseksual adalah:
a. Pembelahan
kembar: Sel yang membelah membentuk dua sel anak dengan jumlah sitoplasma yang
sama. Contoh: Bakteri, ganggang dan amoeba.
b. Kuncupan:
Inti sel membelah menjadi dua yang sama tetapi sitoplasmanya tidak sama besar.
Bagian kecil disebut kuncup.
c. Pembetukan
spora
Dibentuk di dalam
tubuh induknya dengan cara pembelahan sel. Bila kondisi lingkungan baik, maka
spora akan berkecambah dan tumbuh menjadi individu baru, spora dihasilkan oleh
jamur, lumut, paku, sporozoa (salah satu kelas protozoa) dan kadang-kadang juga
dihasilkan oleh bakteri.
- Jika Sporangium pecah, maka spora-spora yang
sangat kecil terbawa oleh angin / ke tempat lain tanpa mengalami
kerusakan.
- Jika Spora jatuh di tempat yang sesuai, maka akan
tumbuh organisme baru.
d. Perkembangbiakan
vegetatif: Perkembangbiakan melalui salah satu organ tumbuh makhluk hidup
kemudian diberi fungsi untuk reproduksi. Organ tersebut dapat berupa akar,
batang, daun atau umbi.
1.
Perkembangbiakan
Aseksual
a.
Vegetatif
Alami
Vegetatif Alami adalah reproduksi aseksual yang terjadi tanpa
campur tangan pihak lain seperti manusia.
Pada tumbuhan
*Umbibatang.Contoh:ubijalar,kentang
*Umbilapis.Contoh:bawangmerah,bawangputih
*Umbiakar.Contoh:wortel,singkong
*Geragihataustolon.Contoh:arbei,stroberi
*Rizoma.Contoh:lengkuas,jahe
*Tunas.Contoh:kelapa
* Tunas adventif. Contoh: cocor bebek
*Umbilapis.Contoh:bawangmerah,bawangputih
*Umbiakar.Contoh:wortel,singkong
*Geragihataustolon.Contoh:arbei,stroberi
*Rizoma.Contoh:lengkuas,jahe
*Tunas.Contoh:kelapa
* Tunas adventif. Contoh: cocor bebek
Pada hewan
*Tunas.Contoh:Hydra,Ubur-ubur,Porifera
*Fragmentasi.Contoh:Planaria,mawarlaut
*Membelahdiri.Contoh:Amoeba
* Parthenogenesis. Contoh: serangga seperti lebah, kutu daun
*Fragmentasi.Contoh:Planaria,mawarlaut
*Membelahdiri.Contoh:Amoeba
* Parthenogenesis. Contoh: serangga seperti lebah, kutu daun
b.
Vegetatif
Buatan
Vegetatif Buatan adalah reproduksi aseksual yang terjadi karena
bantuan pihak lain seperti manusia.
*Stek
*Cangkok
*Okulasi
*Enten
*Merunduk
* Kloning
*Cangkok
*Okulasi
*Enten
*Merunduk
* Kloning
Individu baru (keturunannya) yang terbentuk mempunyai ciri dan
sifat yang sama dengan induknya. Individu-individu sejenis yang terbentuk
secara reproduksi aseksual dikatakan termasuk dalam satu klon, sehingga anggota
dari satu klon mempunyai susunan genetik yang sama.
Reproduksi aseksual dapat dibagi atas lima jenis, yaitu :
1.Fisi
2.Pembentukanspora
3.Pembentukantunas
4.Fragmentasi
5. Propagasi vegetatif
2.Pembentukanspora
3.Pembentukantunas
4.Fragmentasi
5. Propagasi vegetatif
1. Fisi
Fisi terjadi pada organisme bersel satu. Pada proses fisi individu
terbelah menjadi dua bagian yang sama.
Contoh :
– Pada pembelahan sel bakteri.
– Pada Plasmodum, reproduksi dengan fisi berganda, yaitu inti sel membelah berulang kali dan kemudian setiap anak inti dikelilingi sitoplasma. Proses ini disebut skizogoni, sel yang mengalami skizogoni disebut skizon.
Contoh :
– Pada pembelahan sel bakteri.
– Pada Plasmodum, reproduksi dengan fisi berganda, yaitu inti sel membelah berulang kali dan kemudian setiap anak inti dikelilingi sitoplasma. Proses ini disebut skizogoni, sel yang mengalami skizogoni disebut skizon.
2. Pembentukan spora
Dibentuk di
dalam tubuh induknya dengan cara pembelahan sel. Bila kondisi lingkungan baik,
maka spora akan berkecambah dan tumbuh menjadi individu baru, spora dihasilkan
oleh jamur, lumut, paku, sporozoa (salah satu kelas protozoa) dan kadang-kadang
juga dihasilkan oleh bakteri.
3. Pembentukan tunas
Organisme
tertentu dapat membentuk tunas, berupa tonjolan kecil yang akan berkembang dan
kemudian mempunyai bentuk seperti induknya dengan ukuran kecil. Kemudian tunas
ini akan lepas dari induknya dan dapat hidup sebagai individu baru. Pembentukan
tunas merupakan ciri khas sel ragi dan Hydra (sejenis Coelenterata).
4. Fragmentasi
Kadang-kadang
satu organisme patah menjadi dua bagian atau lebih, kemudian setiap bagian akan
tumbuh menjadi individu baru yang sama seperti induknya. Peristiwa fragmentasi
bergantung pada kemampuan regenerasi yaitu kemampuan memperbaiki jaringan atau
organ yang telah hilang. Fragmentasi terjadi antara lain pada hewan spons
(Porifera), cacing pipih, algae berbentuk benang.
5. Propagasi vegetative
Istilah propagasi vegetatif diberikan untuk reproduksi
vegetatif/tumbuhan berbiji. Pada proses propagasi bila bagian tubuh tanaman
terpisah maka bagian tersebut akan berkembang menjadi satu/lebih tanaman baru.
Propagasi vegetatif alamiah dapat terjadi dengan menggunakan organ-organ
sebagai berikut :
a.
Stolon
Stolon adalah batang yang menjalar di atas tanah. Di sepanjang stolon dapat tumbuh tunas adventisia (liar), dan masing-masing tunas ini dapat menjadi anakan tanaman. Contoh: pada rumput teki, rumput gajah dan strawberi.
Stolon adalah batang yang menjalar di atas tanah. Di sepanjang stolon dapat tumbuh tunas adventisia (liar), dan masing-masing tunas ini dapat menjadi anakan tanaman. Contoh: pada rumput teki, rumput gajah dan strawberi.
b.
Akar
tinggal atau rizom
Rizom
adalah batang yang menjalar di bawah tanah, dapat berumbi untuk menyimpan
makanan maupun tak berumbi. Ciri rizom adalah adanya daun yang mirip sisik,
tunas, ruas dan antar ruas. Rizom terdapat pada bambu, dahlia, bunga iris,
beberapa jenis rumput, kunyit, lengkuas, jahe dan kencur.
c.
Tunas
yang tumbuh di sekitar pangkal batang
Tunas
ini membentuk numpun, misalnya: pohon pisang, pohon pinang dan pohon bambu.
d.
Tunas
liar
Tunas
liar terjadi pada tumbuhan yang daunnya memiliki bagian meristem yang dapat
menyebabkan terbentuknya tunas-tunas baru di pinggir daun. Contoh: tunas cocor
bebek (Kalanchoe pinnata) dan begonia.
e.
Umbi
lapis
Umbi lapis adalah batang pendek yang berada di bawah tanah. Umbi
lapis diselubungi oleh sisik-sisik yang mirip kertas. Contoh: tumbuhan lili,
tulip dan bawang.
f.
Umbi
batang
Umbi batang adalah batang yang tumbuh di bawah tanah, digunakan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan sehingga bentuknya membesar. Pada umbi terdapat mata tunas – mata tunas yang akan berkembang menjadi tanaman baru. Contoh: kentang dan Caladium.
Umbi batang adalah batang yang tumbuh di bawah tanah, digunakan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan sehingga bentuknya membesar. Pada umbi terdapat mata tunas – mata tunas yang akan berkembang menjadi tanaman baru. Contoh: kentang dan Caladium.
2.
Seksual
a.
Generative
Reproduksi
secara generatif adalah perkembangbiakan yang terjadi melalui proses
perkawinan atau diawali peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina
(pembuahan).
Hasil
pembuahan ada yang langsung meng hasilkan anak, tetapi ada juga yang
menghasilkan telur. Hewan bertelur mengeluarkan calon anaknya yang berada dalam
telur untuk ditetaskan di luar tubuh induknya.
Hewan yang beranak, seperti mamalia,
mengeluarkan anaknya dengan cara melahirkan. Pada tumbuhan, reproduksi
generatif diawali dengan penyerbukan dan kemudian dihasilkan biji.
Masih ingatkah kamu apa yang dimaksud dengan penyerbukan? Lalu apakah perbedaan antara pembuahan (fertilisasi) dan penyerbukan (polinasi)?
Masih ingatkah kamu apa yang dimaksud dengan penyerbukan? Lalu apakah perbedaan antara pembuahan (fertilisasi) dan penyerbukan (polinasi)?
Pembuahan pada tumbuhan Angiospermae
Gamet jantan tumbuhan dapat sampai ke gamet betinanya dengan bantuan angin, air, serangga, atau dibantu oleh manusia. Hal tersebut biasanya didukung oleh struktur bunga. Serbuk sari yang tersingkap keluar dari mahkota bunga tanpa sengaja dapat terbawa oleh angin, air, dan serangga.
Gamet jantan tumbuhan dapat sampai ke gamet betinanya dengan bantuan angin, air, serangga, atau dibantu oleh manusia. Hal tersebut biasanya didukung oleh struktur bunga. Serbuk sari yang tersingkap keluar dari mahkota bunga tanpa sengaja dapat terbawa oleh angin, air, dan serangga.
Sebagai contoh, kupu-kupu, lebah, atau
kelelawar tanpa sengaja dapat membawa serbuk sari ketika mengisap madu dari
bunga. Serbuk sari tersebut menempel pada tubuhnya. Hal ini dimungkinkan
terjadi apabila tangkai sari bunga yang diisapnya cukup panjang.
Penyerbukan dengan bantuan manusia biasanya
dilakukan pada tanaman yang sulit mengalami penyerbukan sendiri. Salah satu
contoh tanaman tersebut adalah vanili.
b.
Rekayasa
Genetika
Rekayasa genetik adalah gambaran
dari bioteknologi yang di dalamnya meliputi manipulasi gen, cloning gen, DNA
rekombinan, tegnologi modifikasi genetik, dan genetika modern dengan
menggunakan berbagai prosedur.
Bisa juga diartika sebagai kegiatan
manipulasi gen untuk mendapatkan produk baru dengan cara membuat DNA rekombinan
melalui penyisipan gen. DNA rekombinan adalah DNA yang urutannya telah
direkombinasikan agar memiliki sifat-sifat atau fungsi yang kita inginkan
sehingga organisme penerimanya mengekspresikan sifat atau melakukan fungsi yang
kita inginkan. Obyek rekayasa genetika mencakup hampir semua golongan
organisme, mulai dari bakteri, fungi, hewan tingkat rendah, hewan tingkat
tinggi, hingga tumbuh-tumbuhan. Bidang kedokteran dan farmasi paling banyak
berinvestasi di bidang yang relatif baru ini. Sementara itu bidang lain,
seperti ilmu pangan, kedokteran hewan, pertanian (termasuk peternakan dan
perikanan), serta teknik lingkungan juga telah melibatkan ilmu ini untuk
mengembangkan bidang masing-masing.
Sudah banyak sekali hewan-hewan rekayasa yang
telah diciptakan, misalnya :
♪. GlowFish.
Ikan bercahaya GlowFish merupakan salah
satu contoh hewan transgenic yang direkayasa secata genetic. Ikan ini
dikembangkan dari amerika yang merekayasa DNA dari ikan zebra dengan gen
pengkode protein flourens warna hijau ari green fluorescent protein, namun
sicara fenotip, warna yang dihasilkan bukan hanya warna hijau saja malainkan
warna kuning hingga merah.
♪.
Lembu transgenic penghasil protein susu
Teknologi transgenik ini telah
sukses dilakukan untuk kepentingan di bidang agrikultur dalam meningkatkan mutu
kualitas pangan.
Pada
lembu sendiri sangat harang sekali dilakukan percobaan trangenik hal ini
dikaranekan akhirnya bisa menyisipi gen penghasil a-lactalbumin dengan
konsentarai 2,5mg ml-1. Metode yang digunakan adalah melakukan
fertilisasi secara invitro yang selanjutnya akan dihasilkan zigot.
Tahap
berikkutnya zigot akan diinjeksi dengan DNA yang selanjutnya zigot dikultur
selama 6 atau 7 hari dengan menggunakan media sintetik yang menyerupai cairan
oviduk. Setelah itu akan tumbuh menjadi embrio dan ditrasnfer ke rahim lembu
untuk proses kehamilan.
♪. Kelinci penghasil Bispesifik T-Cell Antibody
Salah satu penyakit pada manusia adalah kanker.
Penyakit ini dapat diatasi dengan meningkatkan antibody sel T.
Sekarang dengan menggunakan rekayasa genetic, kelinci
dapat dipakai sebagai hewan uji untuk menghasilkan dua macam antibody spesifik,
yakni molekul CD28 dan r28M yang mampu menginduksi TRC/CD3 yang mampu membunuh
sel kanker. Dengan ditemukan antibody bispesifik bagi apllikasi medis.
♪
Ayam pengasil Tetrasiklin
Penemuan ini merupakan terobosan baru dalam
mengembangkan boureaktor yang mampu menghasilakan viofarmasi dalag dalam jumlah
kuantitas yang besar.
Terasiklin merupakan antibiotic yang diperlukan dalam
dunia medis untuk men-treatment pasien. Selama ini tetrasiklin digasilkan dari
mikroorganisme. Dari penemuan ini, diharapkan ayam transgenic mampu
menghasilkan tetrasiklin dalam jumlah yang lebih banyak serta lebih hemat
dalam proses pembuatannya.
Dalam
penelitian ini digunakan retrovirus sebagai vektornya. Dimana retrovirus
didesain untuk membawa materi genetic berupa GFPdan rtTA( reverse tetracyclin
controlled transactivator) dibawah pengontrolantetracycline-inducible promoter
dan PGK ( phosphoglycerate Kinase ) promoter. Setelah itu, ayam transgenic
dihasilkan yang mana pada bagian telur ditemukan doxycycline yang merupakan
derivate dari tetrasiklin serta tidak ditemukan adanya disfungsi fisiologi
secara signifikan dari telur tersebut.
♪. Sapi Penghasil Omega 3
Omega
3 merupakan salah zat yang penting bagi manusia. Dalam pendekata ekonomi, maka
dapat dihasilkan omega 3 dengan cara merekayasa sapi menjadi hewan transgenic
penghasil omega 3.
Sapi yang direkayasa disisipi dengan gen
mfat-1yang mampu memproduksi n-3 PUFA. Dari penelitian ini diperoleh hasil
ekspresi gen berupa n-3 PUFA pada jaringan dan susu sapi.
♪.
Tikus Trasgenik Resisten Terhadap Infeksi Bakteri
Resistensi suatu bakteri terhadap
antibiotic merupakan masalah yang serirs bagi dunia medis dan farmasi. Untuk
itu diperlukan suatu hewan yang mampu menghasilkan antibiotic .
Dalam percobaan yang menggunakan tikus
digunakan suatu protein yang dihasilkan antimikroba adalah protegrin-1(PG-1)
yang merupakan derivate dari neutrofit. Adapun gen yang mengkode
PG-1adalah gen PG-1-His
Setelah dilakukan penyisipan gen, maka
tikus trasgenik diinjeksi dengan bakteri actinobacillus suis pada paru-parunya.
Sebagai perbandingan dilakukan injeksi pula pada tikus tipe alami. Pada
percobaan ini dilakukan 3 variasi , dimana paru-paru tikus diinkubasi dengan
media phosphate-buffered saline ( pH 7,4 ),paru-paru tikus transgenic,dan
paru-paru tikus alami. Dari percobaan tersebut dihasilkan histopatologi dari
jaringan paru-paru setelah diinjeksi dengan bakteri Actinobacillus suis.setelah
itu akan menunjukkan adanya penumpukan neurotrofil dan makrofag dalam jumlah
yang besar, sehinggan jaringan tersebut mengalami kerusakan akibat infeksi
bakteri tersebut.
c.
Kultur
jaringan
Kultur jaringan
adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membuat bagian tanaman (akar,
tunas, jaringan tumbuh tanaman) tumbuh menjadi tanaman utuh (sempurna)
dikondisi invitro (didalam gelas).
Contoh
tanaman yang bisa menjadi objek kultur adalah pisang, mangga, tebu, dan
anggrek.
d.
Pembuahan
Pembuahan atau juga fertilisasi(singami).
Pembuahan tersebut terjadi pada ovum didalam pengertian pembuahan itu
senderi , pembuahan adalah suatu peristiwa bersatunya inti sel sperma dengan
ovum. Peristiwa tersebut juga berlangsung ke dalam kandung lembaga didalam
bakal biji. Pembuahan tersebut dapat juga diartikan ialah sebagai bersatunya
sperma serta juga ovum.
Pembuahan tersebut
terbagi atas 2(dua) yakni pembuahan diluar tubuh (fertilisasi eksternal) serta
juga pembuahan didalam tubuh (fertilisasi internal)
Fertilisasi eksternal (Pembuahan diluar
tubuh) adalah suatu proses pembuahan ovum oleh sel sperma yang pembuahannya
tersebut terjadi di luar tubuh suatu organisme tersebut. Contohnya katak
serta ikan.
Fertilisasi
internal (Pembuahan didalam tubuh) adalah suatu proses pembuahan ovum oleh
sel sperma yang pembuahannya tersebut terjadi di dalam tubuh suatu organisme
tersebut.
Pembuahan tersebut berfungsi
untuk dapat menghindarkan gangguan dari luar serta juga pembuahan internal ini
tersimpan di dalam rahim.
Penyerbukan akan
menghasilkan individu baru apabila diikuti oleh pembuahan, yaitu peleburan
antara sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina. Pada tumbuhan berbiji
dikenal ada dua macam pembuahan, yaitu pembuahan tunggal pada Gymnospermae, dan
pembuahan ganda pada Angiospermae.
a)
Gymnospermae
-
Cycadophyta/Cycadales,
batang tidak bercabang, daun-daun majemuk tersusun sebagai tajuk di pucuk
pohon. Contoh : Cycas rumpii (pakis haji).
-
Pinophyta/Coniferales,
memiliki tudung daun berbentuk kerucut (konifer), alat reproduksi berupa
strobilus (pada jantan maupun betina), daun berbentuk jarum. Contoh
: Aghatis alba (damar), Cupressus sp, Araucaria sp, Juniperus sp, Pinus
merkusii
-
Gnetophyta/Gnetales,
batang memiliki banyak cabang, daun tunggal berhadapan, bunga berkelamin tunggal.Misal : Gnetum
gnemon (mlinjo)
-
Ginkophyta,
pohon dengan tunas pendek, daun berbentuk pasak/kipas dan bertangkai daun.
Merupakan tumbuhan asli di negara Tiongkok.
b)
Angiospermae
1)
Monokotiledonae
o Liliaceae, Misal : Lilium sp (lilia), Alium cepa (bawang
besar), Alium sativum (bawang putih), Alium
ascolonicum (bawang merah).
o Palmae (keluarga palem), Misal : Cocos
nucifera (kelapa), Phoenix sp (kurma)
o Graminae (keluarga rumput-rumputan), Misal : Oryza
sativa (padi), Zea mays (Jagung), rumput, bambu, dan sebagainya.
o Orchidaceae (keluarga anggrek), Misal : Cattleya sp,
Dendrobium sp, Arundina sp, Epidendrum sp, Vanilia planifolia (vanili).
2)
Dikotiledonae
o Caryophyllaceae, Misal : Dianthus chinensis.
o Magnoliaceae, Misal : Magnolia grandiflora (cempaka
putih).
o Rosaseae, Misal : Rosa hybrida ( bunga maqar)
o Leguminoceae, Misal : Leucena
glauca (lamtoro), Parkia specinosa (petai), Tamarindus
indica (asam).
o Malvaceae, Misal : Hibiscus rosa-sinensis (bunga
sepatu), Glossipium obtusifolium (kapas).
o Umbelliferae, Misal : Centella asiatica (talas)
o Solanaceae, Misal : Solanum
tuberosum (kentang), Orthosiphon grandiflorus (kumisal kucing).
o Compositae, Misal : Ageratum
sp (babandotan), Helianthus - annus (bunga
matahari), Nicotiana tabaccum (tmebakau), Capsicum
sp (cabe), Lycopersicum esculentum (tomat), dan sebagainya.
B. Geografi
dalam kemanusian manusia.
1. Jelaskan
mengenai penyebaran makhluk hidup ?
2. Jelaskan
pembagian wilayah berdasarkan iklim ?
3. Sebutkan
pembagian wilayah untuk penyebaran binatang?
Jawab
Biogeografi
adalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran organisme di muka bumi.
Organisme yang dipelajari mencakup organisme yang masih hidup dan organisme
yang sudah punah.
Dalam
biogeografi dipelajari bahwa penyebaran organisme dari suatu tempat ke tempat
lainnya melintasi berbagai faktor penghalang. Faktor-faktor penghalang ini
menjadi pengendali penyebaran organisme. Faktor penghalang yang utama adalah
iklim dan topografi. Selain itu, faktor penghalang reproduksi dan endemisme
menjadi pengendali penyebaran organisme.
Studi
tentang penyebarn spesies menunjukkan, spesies-spesies berasal dari suatu tempat, namun selanjutnya
menyebar ke berbagai daerah. Organisme tersebut kemudian mengadakan
diferensiasi menjadi subspesies baru dan spesies yang cocok terhadap daerah
yang ditempatinya.
Akibat
dari hal tersebut di atas maka di permukaan bumi ini terbentuk
kelompok-kelompok hewan dan tumbuhan yang menempati daerah yang berbeda-beda.
Luas daerah yang dapat ditempati tumbuhan maupun hewan, berkaitan dengan
kesempatan dan kemampuan mengadakan penyebaran. Biogeografi mempelajari
penyebaran hewan maupun tumbuhan di permukaan bumi. Ilmu yang mempelajari
peyebaran hewan di permukaan bumi disebut zoogeografi.
Penyebaran
hewan berdasarkan luas cakupannya dapat dibedakan menjadi cakupan geografis,
cakupan geologis, dan cakupan ekologis. Cakupan geografis yaitu daerah
penyebarannya meliputi daratan dan sistem perairan. Cakupan geologis, yaitu
keadaan daratan dan lautan di masa lampau. Cakupan ekologis adalah daerah
penyebarannya dengan kondisi lingkungan yang sesuai.
Persebaran
organisme di bumi dipengaruhi oleh beberapa Faktor sebagai berikut:
1) Lingkungan
Dua
faktor lingkungan utama yang berpengaruh terhadap persebaran makhluk hidup
adalah faktor fisik (abiotik) adalah iklim (suhu, kelembaban udara, angin),
air, tanah, dan ketinggian permukaan bumi, dan yang termasuk faktor non fisik
(biotik) adalah manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan.
a) Faktor Abiotik
v Iklim
Faktor
iklim termasuk di dalamnya keadaan suhu, kelembaban udara dan angin sangat
besar pengaruhnya terhadap kehidupan setiap makhluk di dunia. Faktor suhu udara
berpengaruh terhadap berlangsungnya proses pertumbuhan fisik tumbuhan. Sinar
matahari sangat diperlukan bagi tumbuhan hijau untuk proses fotosintesa.
Kelembaban udara berpengaruh pula terhadap pertumbuhan fisik tumbuhan.
Sedangkan angin berguna untuk proses penyerbukan. iklim yang berbeda-beda pada
suatu wilayah menyebabkan jenis tumbuhan maupun hewannya juga berbeda.
Contohnya : Tanaman di daerah tropis, banyak jenisnya, subur dan selalu hijau
sepanjang tahun karena bermodalkan curah hujan yang tinggi dan cukup sinar
matahari. berbeda dengan tanaman yang berada di daerah tundra.
v Keadaan tanah
Perbedaaan
jenis tanah, seperti pasir, aluvial, dan kapur serta jumlah zat mineral yang
terkandung dalam humus mempengaruhi jenis tanaman yang tumbuh. Keadaan tekstur
tanah berpengaruh pada daya serap tanah terhadap air. Suhu tanah berpengaruh
terhadap pertumbuhan akar serta kondisi air di dalam tanah. Di daerah tropis
akan hidup berbagai jenis tumbuhan, sedangkan di daerah gurun atau bersalju
hanya akan hidup tumbuhan tertentu. Tumbuhan kaktus salah satu tumbuhan yang
mampu beradaptasi dengan kondisi iklim dan keadaan tanah di gurun pasir.
Perbedaan jenis tanah menyebabkan perbedaan jenis dan keanekaragaman tumbuhan
yang dapat hidup di suatu wilayah. Contohnya: di Nusa Tenggara jenis hutannya
adalah Sabana karena tanahnya yang kurang subur.
v Air
Air
mempunyai peranan yang penting bagi pertumbuhan tumbuhan karena dapat
melarutkan dan membawa makanan yang diperlukan bagi tumbuhan dari dalam tanah.
Adanya air tergantung dari curah hujan dan curah hujan sangat tergantung dari
iklim di daerah yang bersangkutan. Keadaan tekstur tanah berpengaruh pada daya
serap tanah terhadap air. Suhu tanah berpengaruh terhadap pertumbuhan akar
serta kondisi air di dalam tanah. Jenis flora di suatu wilayah sangat
berpengaruh pada banyaknya curah hujan di wilayah tersebut. Flora di daerah yang
kurang curah hujannya keanekaragaman tumbuhannya kurang dibandingkan dengan
flora di daerah yang banyak curah hujannya. Contohnya: di daerah gurun, hanya
sedikit tumbuhan yang dapat hidup, contohnya adalah pohon Kaktus dan tanaman
semak berdaun keras. Di daerah tropis banyak hutan lebat, pohonnya tinggi-tingi
dan daunnya selalu hijau.
v Tinggi Rendah Permukaan Bumi
Permukaan
bumi terdiri dari berbagai macam relief, seperti pegunungan, dataran rendah,
perbukitan dan daerah pantai. Perbedaan tinggi-rendah permukaan bumi
mengakibatkan variasi suhu udara. Variasi suhu udara mempengaruhi
keanekaragaman tumbuhan. Hutan yang terdapat di daerah pegunungan banyak
dipengaruhi oleh ketinggian tempat. Faktor ketinggian permukaan bumi umumnya
dilihat dari ketinggiannya dari permukaan laut . Semakin tinggi suatu daerah
semakin dingin suhu di daerah tersebut. Demikian juga sebaliknya bila lebih
rendah berarti suhu udara di daerah tersebut lebih panas. Oleh sebab itu
ketinggian permukaan bumi besar pengaruhnya terhadap jenis dan persebaran
tumbuhan. Daerah yang suhu udaranya lembab, basah di daerah tropis, tanamannya
lebih subur dari pada daerah yang suhunya panas dan kering.
b) Faktor Biotik (Makhluk Hidup)
Makhluk
hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan memiliki pengaruh yang cukup besar
dalam persebaran tumbuhan. Terutama manusia dengan ilmu dan teknologi yang
dimilikinya dapat melakukan persebaran tumbuhan dengan cepat dan mudah. Hutan
kota merupakan jenis hutan yang lebih banyak dipengaruhi oleh faktor biotik,
terutama manusia. Manusia juga mampu mempengaruhi kehidupan fauna di suatu
tempat dengan melakukan perlindungan atau perburuan binatang. Hal ini
menunjukan bahwa faktor manusia berpengaruh terhadap kehidupan flora dan fauna
di dunia ini. Contohnya: daerah hutan diubah menjadi daerah pertanian,
perkebunan atau perumahan dengan melakukan penebangan, reboisasi,atau
pemupukan.
Selain
itu faktor hewan juga memiliki peranan terhadap penyebaran tumbuhan flora.
Peranan faktor tumbuh-tumbuhan adalah untuk menyuburkan tanah. Tanah yang subur
memungkinkan terjadi perkembangan kehidupan tumbuh-tumbuhan dan juga
mempengaruhi kehidupan faunanya. hewan juga memiliki peranan terhadap
penyebaran tumbuhan flora. contohnya: serangga dalam proses penyerbukan,
kelelawar, burung, tupai membantu dalam penyebaran biji tumbuhan. Peranan
faktor tumbuh-tumbuhan adalah untuk menyuburkan tanah. Tanah yang subur
memungkinkan terjadi perkembangan kehidupan tumbuh-tumbuhan dan juga
mempengaruhi kehidupan faunanya.
2) Sejarah geologi
Kira-kira
200 juta tahun yang lalu, yaitu pada
periode jurasik awal, benua-benua utama bersatu dalam superbenua
(supercontinent) yang disebutPangaea. Hipotesis ini disampaikan seorang ilmuwan
Jerman. Alfred Weneger pada tahun 1915. hipotesis ini disampaikan lewat bukunya
yang berjudul Asal-usul Benua-benua dan Lautan.
Pada
awal tahun 1960-an, bukti-bukti mengenai pergerakan/pergeseran benua
(continental drift) berhasil ditemukan. Benua-benua yang tergabung dalam Pangea
mulai memisah secara bertahap. Terbukanya laut Atlantik Selatan dimulai
kira-kira 125-130 juta tahun lalu, sehingga Afrika dan Amerika Selatan bersatu secara langsung. Namun,
Amerika Selatan juga telah bergerak perlahan ke Amerika Barat dan keduanya
dihubungkan tanah genting Panama. Ini terjadi kira-kira 3,6 juta tahun yang
lalu. Saat “jembatan” Panama terbentuk secara sempurna, beberapa hewan dan
tumbuhan dari Amerika Selatan termasuk Oposum dan Armadillo bermigrasi ke
Amerika Barat. Pada saat yang bersamaan
beberapa hewn dan tumbuhan dari Amerika Barat seperti oak, hewan rusa, dan
beruang bermigrasi ke Amerika Selatan. Jadi perubahan posisi baik dalam skala
besar maupun kecil berpengaruh besar dalam pola distribusi organisme, seperti
yang kita saksikan saat ini. Contoh lain adalah burung-burung yang tidak dapat
terbang, misalnya ostriks, rhea, emu, kasuari dan kiwi terlihat memiliki
divergensi percabangan sangat awal dalam perjalanan evolusi dari semua kelompok
burung lainnya. Akibatnya terjadilah subspesies tadi.
Australia
adalah contoh yang sesuai untuk mengetahui bagaimana gerakan benua-benua
memengaruhi sifat dan distribusi organisme. Sampai kira-kira 53 juta tahun
lalu, Australia dihubungkan dengan Antartika. Hewan khas Australi, yaitu
mamalia berkantung (marsupialia), yang ada pula meski sedikit di Amerika
Selatan, secara nyata terlihat sudah bergerak di antara kedua benua ini lewat
Antartika.
3) Penghambat Fisik
Faktor
penghambat fisik disebut juga penghalang geografi atau barrier (isolasi
geografi) seperti daratan (land barrier), perairan (water barrier), dan
penggentingan daratan (isthmus). Contohnya adalah: gunung yang tinggi, padang
pasir, sungai atau lautan membatasi penyebaran dan kompetisi dari suatu
spesies. Contoh kasusnya adalah terjadinya subspesies burung finch di kepulauan
Galapagos akibat isolasi geografis. Di kepulauan tersebut, Charles Darwin
menemukan 14 spesies burung finch yang diduga berasal dari satu jenis burung
finch dari Amerika Selatan. Perbedaan burung finch tersebut akibat keadaan
lingkungan yang berbeda. Perbedaannya terletak pada ukuran dan bentuk paruhnya.
Perbedaan ini ada hubungannya dengan jenis makanan.
Kita
mengetahui bahwa makhluk hidup itu berkembangbiak, misalnya bagi makhluk yang
hidup di daratan, air merupakan hambatan (water barrier) sedangkan sebaliknya
bagi makhluk air, daratan merupakan hambatan (land barrier). Daratan yang
sempit juga dapat menjadi hambatan, misalnya Costarica di Amerika Tengah
merupakan hambatan berupa filter atau saringan Persebaran makhluk daratan
Amerika Utara dan Amerika Selatan. Selat Panama merupakan filter makhluk hidup
di Samudra Atlantik dan Pasifik. Sebaliknya, kepulauan dapat menjadi jembatan penyebrangan antara Eurasia dan
Australia.
Penyebaran
hewan dari protozoa sampai mamalia sebagian terjadi secara dinamis. Penyebaran
secara dinamis artinya hewan melakukan penyebaran oleh dirinya sendiri. Faktor
luar yang mempengaruhi penyebaran hewan maupun tumbuhan dan biasanya menghambat
dinamakan “barier” atau “sawar”. Sawar ini dapat dibedakan menjadi sawar fisik,
sawar iklim, dan sawar biologis.
Sawar
fisik air menjadi penghambat penyebaran hewan darat dan sebaliknya sawar fisik
darat menjadi penghambat penyebaran hewan air. Misalnya katak tidak apat hidup
pada air asin. Jadi salinitas merupakan penghambat bagi penyebaran hewan katak.
Adapun luas benua menjadi hambatan bagi penyebaran hewan air.
Sawar
iklim seperti temperatur rata-rata, musim, kelembapan, kuat lemahnya penyinaran
serta lamanya peyinaran sinar matahari. Sedangkan sawar biologis adalah tidak
adanya makanan, adanya predator, competitor, pesaing atau adanya penyakit.
Penyebaran suatu jenis serangga dibatasi penyebarannya oleh jenis tanaman sebagai
makanan, tempat berlindung, dan tempat untuk reproduksi. Pada kenyataannya,
ketiga jenis sawar tersebut bekerja secara terpadu untuk mempengaruhi atau
menghambat penyebaran suatu biota. Hal lain yang dapat menghambat penyebaran
biota adalah rendahnya toleransi terhadap kondisi faktor lingkungan yang
maksimum atau minimum. Hukum toleransi minimum Liebig yang menyatakan bahwa
ketahanan makhluk hidup disebabkan oleh adanya faktor esensil tetapi berada
dalam kondisi yang minimum dan individu tersebut memiliki daya toleransi yang
rendah untuk dapat beradaptasi. Bintang laut hidup pada berbagai kadar garam
tetapi bintang laut hanya dapat berkembangbiak pada air yang kadar garamnya
sangat rendah.
Tiga
faktor inilah yang menentukan adanya variabilitas biogeografi, namun tentunya
ada faktor lain yang menentukan
variabilitas yaitu variasi genetic hasil perkawinan dan mutasi genetic.
2. Pembagian Wilayah
Iklim di Dunia
Iklim di dunia (bumi) ditentukan oleh
matahari sehingga sering disebut iklim matahari. Banyak sedikitnya sinar
matahari yang diterima oleh permukaan bumi karena perbedaan garis lintang
menjadi dasar suatu iklim di wilayah tertentu. Daerah yang memiliki garis
lintang kecil, maka akan sinar matahari banyak diterima daerah
tersebut dan sebaliknya semakin besar garis lintang, maka semakin sedikit
menerima sinar matahari.
Wilayah Iklim di Dunia
Sesuai iklim matahari,
maka terdapat zona atau wilayah iklim di dunia yang dikelompokkan menjadi 4
bagian yaitu iklim tropis, subtropis, sedang dan kutub.
A. Wilayah Iklim
Tropis
Wilayah atau zona
iklim tropis terletak pada garis khatulistiwa, posisi antara 23,5 derajat
LU sampai dengan 23,5 derajat LS. Garis khatulistiwa merupakan garis tengah
yang membagi bumi menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan selatan.
Daerah yang berada di zona iklim tropis hanya memiliki dua musim yaitu musim
hujan dan musim kemarau.
Contoh negara-negara
di wilayah iklim tropis.
Benua Asia
- Asia Tenggara :Indonesia, Malaysia, Singapura,
Brunei Darussalam, Philipina, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Myanmar,
Timor Leste.
- Asia Selatan : India (sebagian), Bangladesh
(sebagian), Srilanka, Maladewa
- Asia Timur : Hongkong, Taiwan (sebagian),
- Asia Barat : Yaman, Arab Saudi (sebagian), Oman,
dan Uni Emirat Arab
Benua Amerika
- Ekuador, Kolombia, Venezuela, Brasil, Guyana,
Guyana Perancis, Suriname, Peru, Bolivia, Panama,
- Semua negara di Amerika Tengah & Karibia,
- Sebagian Meksiko.
Benua Afrika
- Afrika Barat :Benin, Burkina Faso, Gambia, Ghana,
Guinea, Guinea Bissau, Liberia, Mali, Mauritania, Nigeria, Pantai Gading,
Senegal, Sierra Leone, Tanjung Verde, Togo-Lome
- Afrika Timur :Burundi, Djibouti, Eritrea,
Ethiopia, Kenya, Komoro, Madagaskar, Malawi, Mauritius, Mozambik, Rwanda,
Seychelles, Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Tanzania, Uganda
- Afrika Tengah : Angola, Gabon, Guinea
Khatulistiwa, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Kongo, Republik Afrika
Tengah, Saotome Principe, Zaire, Zambia
- Afrika Utara : Chad, Niger, Sahara Barat
B. Wilayah Iklim
Subtropis
Wilayah atau zona
iklim subtropis letaknya diantara 23,5 derajat LU – 40 derajat LU dan 23,5
derajat LS – 40 derajat LS. Daerah-daerah yang berada di zona uklim
subtropis memiliki ciri yang khas yaitu terdiri dari musim dingin, musim semi,
musim panas, dan musim salju.
Contoh negara-negara
di wilayah iklim subtropis.
Benua Asia
Benua Asia
- Asia Barat : Israel, Yordania, Lebanon, Qatar,
Quwait, Bahrain, Iran, Irak, Afganistan, Pakistan,
- Asia Selatan : Nepal, Bhutan, Bangladesh
(sebagian), India (sebagian)
- Asia Timur : China, Jepang, Korea Selatan, Korea
Utara, Taiwan (sebagian)
Benua Afrika
- Afrika Selatan : Afrika Selatan, Lesotho,
Mozambik, dan Swaziland
- Afrika Utara : Maroko, Aljazair, Mesir, Tunisia,
Libya
- Australia bagian selatan, Selandia Baru(sebagian)
Benua Amerika
- Amerika Selatan : Paraguay (sebagian), Argentina
(sebagian), Chile, dan Uruguay
- Amerika Utara : Meksiko (sebagian), Amerika
Serikat (sebagian)
Eropa
- Eropa Selatan : Portugal (sebagian), Spanyol
(sebagian), Yunani, Malta, Siprus, Turki, Armenia, Turkmenistan,
Tajikistan
C. Wilayah Iklim
Sedang
Wilayah iklim sedang
berada diantara 40 derajat LU – 60,5 derajat LU dan 40 derajat LS
– 60,5 derajat LS. Iklim sedang, terdapat ciri khas yaitu banyak terdapat
gerakan-gerakan udara siklonal, tekanan udara yang sering berubah-ubah, arah
angin yang bertiup juga berubah-ubah tak menentu, dan sering terjadi badai
secara tiba-tiba.
Contoh negara-negara
di wilayah iklim sedang.
Benua Eropa
Benua Eropa
- Irlandia, Inggris, Prancis, Austria, Jerman,
Denmark, Norwegia (sebagian), Italia, Bulgaria, Rumania, Bulgaria,
Ukraina, Belarus, Lituania, Latvia, Estonia, Kazakstan, Uzbekistan,
Rusia(bagian selatan)
Benua Asia
- Mongolia.
D. Wilayah Iklim Kutub
Wilayah atau zona
iklim kutub terletak antara 60,5 derajat LU – 90 derajat LU dan 60,5
derajat LS – 90 derajat LS. Zona iklim kutub merupakan iklim yang sangat
dingin dan ditandai dengan tidak adanya musim panas.
Contoh negara-negara
di wilayah iklim kutub
Benua Eropa
Benua Eropa
- Eropa : Rusia (bagian utara), Finlandia,
Eslandia, Denmark, Swedia, Norwegia
Benua Amerika
- Amerika Serikat (Alaska). Kanada
3. Persebaran Fauna di
Dunia.:
1. PALEARTIK
Wilayah persebaran
fauna ini meliputi semua benua Eropa, Rusia, Afrika Utara, Asia Timur, sebagian
Asia Tengah, Asia Barat atau semenanjung Arab, termasuk daerah kutub utara.
Fauna-fauna yang
terdapat di kawasan Paleartik ini berbagai jenis sebab lingkungan di kawasan
Paleartik ini juga bervariasi.
Berikut ini
hewan-hewan khas yang terdapat di kawasan Paleartik yaitu beruang kutub, rusa
kutub, kucing kutub, unta padang pasir, panda asli dari negara Cina, sapi,
kerbau, domba, burung robin, spesies anjing, bajing, kijang, kelelawar dan
masih banyak yang lainnya.
Gambar-gambar hewan
zona Paleartik sebagai berikut:
Beruang
Kutub
Unta
Padang Pasir
www.ardiyansyah.com
Panda
Asli dari Cina
www.reference.com
Rusa
Kutub
www.1freewallpapers.com
2. NEARTIK
Wilayah persebaran
fauna di kawasan Neartik ini meliputi Benua Amerika yaitu Amerika Utara, Amerika
Serikat, Kepulauan Karibia, Greenland, dan Kanada.
Fauna-fauna yang
terdapat di kawasan Neartik ini seperti domba gunung, kalkun liar, bison, tikus
yang mempunyai kantung di perutnya, caribou, rakun, antelop, muskox, dan tikus
air.
Di kawasan ini juga
terdapat fauna yang juga terdapat di kawasan Paleartik seperti anjing, kucing,
kelelawar, bajing, dan kelinci.
Berikut ini
gambar-gambar hewan yang ada di zona Neotropik:
Domba
Gunung
www.pixabay.com
Bison
www.doi.gov
Antelop
www.modifikasi.com
Kalkun
Liar
3. NEOTROPIK
Zona wilayah
persebaran ini juga meliputi benua Amerika yang di antaranya adalah Amerika
Selatan. Amerika Tengah, dan wilayah sebagian besar Meksiko atau Meksiko
selatan.
Di kawasan Neotropik
ini banyak sekali berbagai jenis hewan yang hidup, bahkan salah satu jenis
hewan ini menjadi salah satu judul pada sebuah film seperti ikan piranha dan
ular anaconda.
Sebagian besar kawasan
Neotropik ini beriklim tropis dan bagian yang selatan beriklim sedang. Hewan
endemik yang terdapat di kawasan ini seperti belut listrik, ikan piranha, ikan
arapaima, ilama (sejenis unta) yang terdapat di wilayah padang pasir Atacama
Peru, kera hidung merah dan tapir.
Selain itu, kawasan
Neotropikal sangat dikenal dengan wilayah fauna vertebrata yang mempunyai
berbagai jenis fauna yang sangat beragam dan spesifik.
Fauna tersebut seperti
berbagai macam jenis ternggiling dan monyet, beragam macam jenis reptil seperti
ular, buaya, kadal, serta berbagai macam spesies burung dan sejenis kelelawar
penghisap darah.
Berikut ini adalah
gambar-gambar hewan yang terdapat di kawasan Neotropik:
Kera
Hidung Merah
id.wikipedia.org
Tapir
www.pixabay.com
Ilama
www.anekaflorafauna.com
Ikan
Piranha
www.gembiralokazoo.com
4. ORIENTAL ATAU ASIATIS
Daerah
kawasan oriental ini meliputi Asia Tenggara dan Asia bagian selatan. Dan fauna
yang terdapat di Indonesia, yang masuk dalam kawasan oriental ini hanya fauna
yang terdapat di Indonesia bagian barat saja. Fauna khas tersebut di antaranya
adalah harimau, badak bercula satu, orang utan, banteng, rusa, dan gibbon. Dan
ada juga hewan lainnya yaitu gajah sumatera, antelop, beruang, berbagai macam
jenis reptile, dan ikan.
Fauna
di kawasan oriental atau asiatis ini juga ada fauna yang sama yang terdapat di
kawasan Ethiopian seperti gajah, badak, harimau, monyet, babi hutan, kucing,
dan anjing. Berikut ini gambar-gambar fauna yang berada di kawasan Orinetal
atau di kawasan Asiatis:
Harimau
www.horasnews.com
Badak
Becula Satu
Orang
Utan
Gajah
Sumatera
5. AUSTRALIS
Kawasan
ini mencakup wilayah yang antara lain adalah Australia, Selandia Baru, Papua,
dan pulau-pulau disekitarnya atau Oceania. Fauna khas yang terdapat di kawasan
Australis ini antara lain yaitu hewan berkantung seperti kanguru, kiwi, dan
selain itu ada juga yang tidak berkantung seperti koala, platypus, dan kuskus.
Di
kawasan ini juga terdapat berbagai macam jenis burung seperti burung
cendrawasih, burung kakatua, kasuari da nada juga kelompok reptile antara lain
kura-kura, buaya, kadal, dan ular. Berikut ini adalah fauna-fauna yang berada
di kawasan Australis:
Kanguru
Burung Kiwi
Koala
Platypus
Burung
Cendrawasih
6. ETHIOPIAN
Wilayah
kawasan zona Ethiopia ini meliputi Afrika Selatan, Gurun Sahara, dan
Madagaskar. Di kawasan Ethiopian ini merupakan kawasan yang terdapat banyak
sekali berbagai macam jenis mamalia. Fauna khas yang terdapat di kawasan
Ethiopian ini seperti badak afrika, gajah afrika, jerapah, gorilla, sipanse,
babon, serta mamalia padang rumput seperti zebra, kijang, antelope, singa dan
mamalia pemakan serangga yaitu trenggiling.
Di
kawasan ini terdapat mamalia endemik yang terdapat di sungai Nil, Mesir yaitu
kuda nil. Walaupun sebenarnya di Madagaskar juga ada, namun ukurannya tidak
sebesar yang ada di sungai Nil, Mesir. Kawasan Ethiopian ini juga mempunyai
fauna yang hampir sama dengan fauna yang terdapat di kawasan Oriental atau
Asiatis. Fauna tersebut seperti babi hutan, kelelawar, bajing, tikus, anjing,
dan dari golongan kucing juga. Berikut ini merupakan fauna-fauna yang berada di
zona Ethiopian:
Singa
Jerapah
www.ibnlokmat.tv
Zebra
Kuda
Nil
C.
Ekologi dan dampak perkembangan IPTEK terhadap
kehidupan manusia.
1.
Iptek dan Perkembangannya.
a.
Jelaskan bagaimana perkembangan IPTEK dewasa
ini ?
b.
Sebutkan tingkatan teknologi berdasarkan
penerapan ?
2.
Pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder.
a.
Jelaskan bagaimana peran ilmu pengetahuan
dalam pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder ?
b.
Jelaskan perbedaan kebutuhan primer dan
sekunder ?
3.
Bagaimana peranan IPTEK terhadap bidang sosial
dan budaya? Jelaskan !
Jawab
Perkembangan dunia iptek yang demikian
pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia.
Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar,
kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem
kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan
percepatan yang menakjubkan.
Begitupun dengan telah
ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah
mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan
aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang
benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan
bagi kehidupan umat manusia.
Bagi masyarakat
sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap
sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek
sebagai liberator yang akan membebaskan
mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia
kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan
kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula
menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan
bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia
terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat
manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan
kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya
mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari
sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan.
Dampak positif dan
dampak negatif dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang:
1. Bidang Informasi
dan komunikasi
Dalam bidang informasi
dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat
kita rasakan dampak positipnya antara lain:
a. Kita akan lebih
cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian
manapun melalui internet
b. Kita dapat
berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan
melalui handphone
c. Kita mendapatkan
layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain
Disamping
keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi
tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
a. Pemanfaatan jasa
komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
b. Penggunaan
informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa
disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
c. Kerahasiaan alat
tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang
tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara
langsung dari internet.
d. Kecemasan
teknologi, selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer.
Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting
dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi.
Rusaknya modem internet karena disambar petir.
2. Bidang Ekonomi dan
Industri
Dalam bidang ekonomi
teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan
manfaat positifnya antara lain:
a. Pertumbuhan ekonomi
yang semakin tinggi
b. Terjadinya
industrialisasi
c. Produktifitas dunia
industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan
produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada
aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara
besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di
masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin
penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi
bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung
dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera
individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke
toko.
d. Persaingan dalam
dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan
pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi,
akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang
diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan
akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan
adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan
pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang
berubah tersebut.
e. Di bidang
kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi
komoditi Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain; 1. terjadinya
pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai
dengan yang dibutuhkan; 2.Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat
pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami
kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental
“instant”.
3. Bidang Sosial dan
Budaya
Akibat kemajuan
teknologi bisa kita lihat
a. Perbedaan
kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin
besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia
pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah
perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang
tertulis dalam buku Megatrend for Women : From Liberation to Leadership yang
ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa
peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang
memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri,
dan berbagai jabatan penting lainnya.
b. Meningkatnya rasa
percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang
menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri
dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa
akan semakin kokoh.
Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
c. Tekanan, kompetisi
yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan
melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Meskipun demikian
kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:
a. Kemerosotan moral
di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan
berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat
menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
b. Kenakalan dan
tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya
kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan
tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan
penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama,
kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat
dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu
lintas sampai tindak kejahatan.
c. Pola interaksi
antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga
golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang
disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk
berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet,
dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu
tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada
banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk
berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang
yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet
relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang
asing kapan saja.
4. Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai
peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
a. Munculnya media
massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
b. Munculnya
metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses
pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang
membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut
dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
c. Sistem pembelajaran
tidak harus melalui tatap muka Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran
tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa
pos internet dan lain-lain.
Disamping itu juga
muncul dampak negatif dalam proses
pendidikan antara lain:
a. Kerahasiaan alat
tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential
Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan
ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan
tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet
tersebut.
b. Penyalahgunaan
pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita
tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang
berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu
komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan
lain-lain.
5. Bidang politik
Beberapa dampak yang
dapat ditimbulkan dalam bidang politik :
a. Timbulnya kelas
menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong
munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka
sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat
diramalkan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut
kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.
b. Proses regenerasi
kepemimpinan. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan
berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan
persamaan semakin kental.
c. Di bidang politik
internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme.
Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran
regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah
menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam
bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan
ekonomi baru.
Sehingga, dari uraian
diatas kita bisa menyimpulkan bahwa kemajuan teknologi adalah sesuatu yang
tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan
berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Teknologi yang sebenarnya
merupakan alat bentu/ekstensi kemampuan diri manusia. Dewasa ini, telah menjadi
sebuah kekuatan otonom yang justru ‘membelenggu’ perilaku dan gaya hidup kita
sendiri. Dengan daya pengaruhnya yang sangat besar, karena ditopang pula oleh
system-sistem sosial yang kuat, dan dalam kecepatan yang makin tinggi,
teknologi telah menjadi pengarah hidup manusia. Masyarakat yang rendah
kemampuan teknologinya cenderung tergantung dan hanya mampu bereaksi terhadap
dampak yang ditimbulkan oleh kecanggihan teknologi.
Perkembangan teknologi
memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat
positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara
baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi
masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang
telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tiudak bisa menipu
diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif
bagi manusia.
Ilmu pengetahuan
adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan
pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia . Segi-segi
ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan
kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu
diperoleh dari keterbatasannya.
Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan
pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik
diuji dengan seperangkat metode yang
diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu
terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang
dimilikinya.
dengan ilmu
pengetahuan yang kita miliki, itu berarti kita punya usaha untuk memenuhi
kebutuhan pokok kita dalam keseharian. Semakin maju zaman semakin maju pula
ilmu pengetahuan yang kita miliki. Misalnya, dalam ilmu pengetahuan teknologi
jika kita cerdas dalam penggunaan nya dalam sehari kebutuhan primer dan
sekunder kita bisa terpenuhi
a. Kebutuhan Primer
Primer berasal dari
kata primus, yang berarti pertama. Kebutuhan primer ini disebut juga kebutuhan
alamiah karena kebutuhan ini berkaitan erat dengan kodrat kita sebagai manusia.
Kebutuhan primer
adalah kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia.
Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan pokok. Seandainya kebutuhan primer
tidak dipenuhi, kelangsungan hidup manusia akan terganggu.
Contoh kebutuhan
primer, antara lain makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal.
b. Kebutuhan sekunder
Kebutuhan sekunder
adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Kebutuhan
sekunder merupakan kebutuhan atau pelengkap kebutuhan pokok. Kebutuhan sekunder
setiap orang dapat berbeda-beda.
Contoh kebutuhan
sekunder adalah radio, perabot rumah tangga, pendidikan, tas, sepeda motor,
meja, kursi, alat tulis, dan alat olah raga.
Perkembangan IPTEK
sangatlah pesat bahkan kita sebagai manusia telah banyak merasakan inovasi –
inovasi dampak dari perkembangan IPTEK. Kita sebagai manusia pastilah menunggu
– nunggu tentang perkembangan IPTEK yang baru untuk memberikan dampak yang
postif terhadap manusia itu sendiri karena dengan adanya teknologi manusia
terbantu dengan pekerjaan – pekerjaan yang dilakukannya dalam kehidupan sehari
– hari bahkan satu hari pun manusia tidak lepas dari teknologi – teknologi
elektronik yang ada diera ini. Tokoh Rias Van Wyk dalam buku yang berjudul
“Technology is a “set of means” created by people to facilitate human
endeavor”. Mendefinisikan 4 hal yang harus ada dalam teknologi, yaitu :
1. Teknologi terkait dengan ide atau
pikiran yang tidak akan pernah berakhir, keberadaan teknotogi bersama dengan
keberadaan budaya umat manusia.
2. Teknologi merupakan kreasi dari
manusia, sehingga tidak alami dan bersifat artificial.
3. Teknologi merupakan himpunan dari
pikiran (set of means), sehingga teknologi dapat dibatasi atau bersifat
universal, tergantung dari sudut pandang analisis.
4. Teknologi bertujuan untuk memfasilitasi
human endeavor (ikhtiar manusia). Sehingga teknologi harus mampu mengangkatkan
performansi (kinerja) kemampuan manusia.
Dari Definisi 4 hal
diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa entitas yang terkandung dalam
teknologi yaitu Skill (Keterampilan), Algorithma (Logika berfikir) dan hardware
(Perangkat Keras). Dalam pandangan Management of Technology, Teknologi dapat
digambarkan dalam beragam cara antara lain, yaitu :
1. Teknologi sebagai makna untuk memenuhi
suatu maksud di dalamnya terkandung apa saja yang dibutuhkan untuk merubah
(mengkonversikan) sumber daya ke suatu produk atau jasa.
2. Teknologi tidak sebagai pengetahuan,
sumber daya yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan (objektif).
3. Teknologi adalah suatu tubuh dari ilmu
pengetahuan dan rekayasa (Engineering) yang dapat di Aplikasikan pada
perancangan produk dan atau proses atau pada penelitian untuk mendapatkan
pengetahuan baru
1. Bidang Sosial
Dalam hal ini bidang
sosial manusia dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang ada dimasa kini.
Manusia memanfaatkan teknologi yang ada untuk berbagai macam keperluaan seperti
untuk berkomunikasi, menambah wawasan dan menghasilkan uang untuk menghidupi
dirinya. Akan tetapi setiap hal yang bernilai positif pasti ada dampak – dampak
yang ditimbulkan darinya , seperti halnya kemajuan IPTEK dalam bidang sosial.
Ada dampak baik dan dampak buruk, dibawah ini adalah dampak berkembangan IPTEK
dalam bidang sosial :
Dampak Positif
1. Mudahnya berkomunikasi dengan orang –
orang yang jarak jauh
2. Waktu dan biaya lebih efisien
3. Mempermudah mencari Informasi yang
ingin diketahui serta menambah wawasan dan pengetahuan
4. Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat
lebih cepat disampaikan kepada masyarakat.
5. Informasi yang ada di masyarakat dapat
langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat.
Dampak Negatif
1. Maraknya perilaku menyimpang yang
terjadi di kalangan masyarakat pada dan umumnya dan khususnya remaja
2. Timbulnya kejahatan publik
3. Manusia menjadi malas
4. Kurangnya interaksi langsung antara
manusia karena mereka lebih senang mengutarakan pembicaraan melalui dunia maya
atau jejaringan sosial
2. Bidang Budaya
Budaya adalah suatu
cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan
diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang
rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas,
pakaian, bangunan, dan karya seni. Peran IPTEK dalam budaya juga berpengaruh
cukup besar dalam hal ini tetapi terkadang seseorang menyalah gunakan IPTEK
dalam bidang budaya menjadi tidak baik. Berikut ini adalah dampak perkembangan IPTEK
dalam Bidang Budaya :
Dampak Positif
1. Kita dapat mengetahui budaya – budaya
yang ada di Negara – Negara lain
2. Teknologi yang ada dapat
dikolaborasikan dengan budaya – budaya yang ada
3. Dapat menshare budaya yang ada di
Negara masing – masing
4. Tekanan, kompetisi yang tajam di
berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan
generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Dampak Negatif
1. Budaya yang ada bisa diklaim oleh
Negara lain
2. Dapat merubah budaya yang telah ada
karena perkembangan IPTEK yang cukup pesat
3. Kehilangan jati diri budaya yang ada di
Negara tersebut
4. Hilangnya semangat Nasionalisme.
Daftar Pustaka :
Pelajaranku. “Pengertian dan
contoh perkembangbiakan tumbuhan secara generative”. http://www.pelajaranku.net/2016/01/pengertian-dan-contoh-perkembangbiakan-tumbuhan-secara-generatif.html (Diakses tanggal 11 Mei 2017).
Akri, Sanjani. “Pengertian
rekayasa genetik”. https://sanjaniakri.wordpress.com/2013/05/20/pengertian-rekayasa-genetik-adalah-gambaran-dari-biotekn/ (Diakses tanggal 11 Mei 2017).
Purnama, Wulan. “rekayasa
genetika”. http://wulanpurnma.blogspot.co.id/2012/08/rekayasa-genetika.html (Diakses tanggal 11 Mei 2017).
Guru IPA. “Pengertian dan contoh kultur jaringan”. http://www.guruipa.com/2015/10/pengertian-contoh-tahapan-keuntungan-dan-tujuan-kultur-jaringan.html (Diakses tanggal 11 Mei 2017).
Guru Pendidikan. “pengertian pembuahan”. http://www.gurupendidikan.com/pengertian-pembuahan-dan-jenisnya-terlengkap/ (Diakses tanggal 11 Mei 2017).
Pintar Biologi. “pembuahan
tunggal dan ganda”. http://www.pintarbiologi.com/2016/07/pembuahan-tunggal-ganda-pengertian-dan.html (Diakses tanggal 11 Mei 2017).
Aslam. “Kingdom Plantae”. https://aslam02.wordpress.com/materi/kelas-x-2/kingdom-plantae/tumbuhan-berbiji-spermatophyta/ (Diakses tanggal 11 Mei 2017).
Sila. “Reproduksi seksual dan
aseksual”. https://5il4o8.wordpress.com/2009/01/23/reproduksi-seksual-aseksual/ (Diakses tanggal 11 Mei 2017).
Brainly. “contoh seksual dan aseksual”. https://brainly.co.id/tugas/9829 (Diakses tanggal 11
Mei 2017).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar